Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

INDIKATOR PENILAIAN ALEXA-RANK

Artis TemplateBlog ARTIS TEMPLATE kali ini akan berbagi pengetahuan perihal  Indikator Penilaian Alexa rank, yang pada dasarnya menjadi penentu pe-ranking-an Alexa-rank. Indikator penilaian Alexa rank yang akan sedikit dibahas pada artikel kali ini masih berputar pada dunia teorinya terlebih dahulu, sebatas kemampuan yang saya miliki serta sedikit masukan dari para pakar SEO (webmaster) yang telah menguraikan dalam beberapa artikelnya tentang Alexa rank sendiri. Sebelumnya saya mohon maaf bilamana di dalam pembahasan nanti masih kurang memuaskan, tetapi hanya itulah kemampuan saya yang masih bisa bagikan kepada anda sekalian.

Di dalam artikel kupas tuntas Alexa rank, telah sedikit saya singgung perihal dua indikator utama yang dipergunakan oleh Alexa untuk menentukan tingkat reputasi suatu website/blog, yaitu berdasarkan Alexa Traffic (Reach) dan Alexa Pageviews.

Alexa Traffic (Reach) berkaitan dengan total jumlah pengunjung (visitor) blog kita yang tercatat di dalam server Alexa, tetapi jumlah pengunjung yang tercatat tidak sepenuhnya sama dengan pengunjung yang secara real (nyata) telah mengunjungi blog kita. Artinya apa ? Artinya, metode pencatatan traffic yang diterapkan oleh Alexa pasti tidak akan menghasilkan jumlah yang sama dengan pengunjung real atau murni blog kita (berdasarkan indikator yang lain semacam Feedjit, Histats, Whos-amung-us, Visitor counter dll), karena Alexa memiliki cara tersendiri untuk menentukan serta menghitung pengunjung (visitor) sebuah website/blog melalui Alexa toolbar maupun Alexa widget. Artinya apa ? Pengunjung yang tidak memiliki Alexa toolbar pada browsernya ataupun pengunjung melalui sebuah blog yang tidak memasang Alexa widget, kemungkinan besar tidak akan diperhitungkan sebagai pengunjung blog oleh Alexa. Tetapi mungkin juga akan dipertimbangkan sebagai unique-visitor. Jadi dalam hal ini dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pengunjung yang diperhitungkan oleh Alexa tidak semata-mata pengunjung yang benar-benar datang dan mengunjungi blog kita (yang terdeteksi oleh widget-widget visitor selain Alexa). Selanjutnya, pengunjung murni atau asli yang memang benar-benar datang ke blog kita akan dipilah-pilah menjadi pengunjung yang tercatat dalam pusat data (server) Alexa dan pengunjung yang tidak tercatat dalam server Alexa.

Data Alexa Traffic untuk semua alamat website yang telah tersimpan di dalam server Alexa selanjutnya akan diolah untuk kemudian dibuatkan perankingan serta diurutkan mulai dari yang tertinggi sampai dengan yang ter-rendah yang akhirnya dianggap atau diperhitungkan sebagai Alexa Reach (Traffic).

Berikutnya, indikator yang kedua adalah Alexa Pageviews yang berkaitan dengan rata-rata jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung (visitor) website/blog, tentunya hal ini tetap berkaitan dengan pengunjung (visitor) yang tercatat di dalam server Alexa melalui Alexa Toolbar ataupun Alexa Widget. Seorang pengunjung (visitor) yang berkali-kali mengunjungi satu Url halaman website/blog yang sama akan tetap dihitung sebagai satu kali pageviews oleh Alexa. Sebaliknya, bilamana pengunjung yang datang membuka dua Url halaman yang berbeda, maka hal ini akan dihitung sebagai 2 (dua) kali pageviews.

Sebagai ilustrasi adalah Friendster.com yang memiliki rata-rata nilai Alexa pageviews sebesar 22, artinya setiap pengunjung (visitor) rata-rata membuka 22 kali halaman yang berbeda untuk satu kali kunjungannya atau singkatnya setiap pengunjung atau visitor selalu membuka 22 halaman baru (rata-rata). Jadi dalam hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa Alexa Pageviews ini dapat diidentikkan dengan fanatisme (loyalitas) setiap pengunjung (visitor) website/blog yang kita miliki. Akhirnya kembali kepada konten blog kita sendiri, seberapa menarikkah website/blog kita sehingga setiap pengunjung (visitor) bersedia untuk membuka-buka halaman-halaman yang ada dalam blog kita, yang pada akhirnya akan meningkatkan pageviews blog kita.

Sebagai tambahan, nilai Alexa rank sebuah domain yang memiliki banyak sub.domain hanya akan dihitung untuk level domain utamanya saja, misalkan Yahoo.com dengan begitu banyak sub.domainnya semacam mail.yahoo.com, search.Yahoo.com, news.Yahoo.com dan lain-lainnya hanya akan memunculkan nilai Alexa rank milik domain utamanya yaitu Yahoo.com. Lain halnya dengan situs personal atau blog yang telah dikenali oleh Alexa sebagai situs personal atau blog, maka nilai Alexa rank untuk masing-masing subdomainnya adalah berbeda-beda.

0 komentar:

Poskan Komentar